Penggunaan Colocation Service di Perusahaan

colocation-service

Penggunaan colocation Jakarta sangat berperan dalam memaksimalkan kinerja perusahaan terkati operasional pusat data dan pengelolaannya. Dibandingkan dengan membuat data center sendiri, modal yang dibutuhkan pun lebih kecil. Alokasi modal itu tak hanya meliputi perangkat serta sistem yang dijalankan di dalamnya, namun termasuk pada infrastruktur serta tenaga profesional yang wajib bekerja dan memantau sistem itu terus menerus.

Penggunaan server ini tak cuma untuk perusahaan hosting karena semakin banyak pelaku bisnis yang menjalankannya dengan infrastruktur yang terus berkembang. Dewasa ini, rata-rata perusahaan memiliki bagian IT yang memegang tanggung jawab untuk operasional jaringan dalam konteks ruang bisnis.

Alasan utama mengapa banyak perusahaan yang akhirnya menggunakan sistem server pengelolaan data ini karena risiko infrastruktur yang sewaktu-waktu bisa rusak. Lebih sering disebabkan oleh faktor bencana seperti gempa bumi, banjir, atau penyebab-penyebab lainnya yang berada di luar kendali perusahaan. Biaya yang ditanggung jika harus menjalankan sistem pemulihan bencana itu akan sangat besar dan kerap merugikan perusahaan yang tak siap dengan risiko tersebut. Oleh karena itu, penggunaan colocation server semakin mendesak di sejumlah perusahaan khususnya di kota-kota besar.

Sekiranya sebuah perusahaan punya modal yang sangat besar, pertimbangannya bisa membangun dan mengelola pusat data sendiri. Namun biaya atau investasinya sangat tinggi dan seringkali mencapai angka milyaran rupiah. Menghadapi risiko biaya yang tinggi itulah, penggunaan jasa colocation Jakarta dirasa lebih masuk akal. Selain hemat, kualitasnya pun bisa diandalkan dan sudah terbukti di banyak perusahaan.

Perbandingan lainnya dengan pembangunan data center terletak pada durasi proyek pengadaan. Perlu diketahui bahwa untuk membangun data center, hitungannya bukan bulanan melainkan tahunan. Bisa dibayangkan sendiri bagaimana kebutuhan mewujudkan data center itu semakin mendesak sementara proyek pengadaannya sendiri membutuhkan waktu panjang. Sedangkan jika menggunakan jasa colocation, yang akan dilakukan ialah tinggal menyewa ruang-ruang penempatan server sebagai pusat penyimpanan data.

Pertimbangan lainnya untuk menggunakan jasa ini adalah operasional data center. Sebuah perusahaan seringkali kurang siap karena keterbatasan sumber daya untuk operasional infrastruktur tersebut. Lebih rumit lagi jika ternyata harus ada pembagian tugas yang menyita porsi dan tanggung jawab di bidang lain dalam perusahaan itu.

Sedangkan kalau menggunakan jasa colocation server, semua operasional itu akan ditangani langsung oleh para tenaga profesional. Bagaimana dengan jaminan keamanannya? Semua sudah ditangani dan dikelola secara bertanggung jawab. Artinya, setiap privasi data dari perusahaan tidak akan diusik. Jika ada kendala teknis pun akan langsung ditangani oleh tangan-tangan profesional sementara waktunya pun jadi lebih hemat dan tidak perlu menunggu lama. Colocation server akan bekerja maksimal untuk memudahkan operasional perusahaan dalam jaringan yang sedang digunakan.

 

Related Posts

Add Comment