Pengertian SSD (Solid State Drive)

Ina-Tech.Net – Pengertian SSD (Solid State Drive), Pengertian SSD (Solid State Drive)

Pengertian SSD (Solid State Drive)

Pengertian dan Kelebihan SSD (Solid State Drive)

Pendahuluan


Mungkin kamu merasa asing dengan hardware komputer yang satu ini karena belum begitu dikenal dan kurang munculnya di jenis jenis hardware komputer yang telah kamu baca, yang kita ketahui media penyimpanan komputer adalah hardisk, karena hardisk merupakan media penyimpanan yang berkapasitas besar dan masih digunakan di komputer jaman sekarang ini, tapi anda pernah terbayang tidak bahwa hardisk merupakan barang jadul yang sudah lama dipakai untuk penyimpanan dengan teknologi yang jadul,yaitu hardisk bekerja menggunakan compact-disk, nah sekarang teknologi baru sebagai media penyimpanan data di komputer yang bekerja sangat cepat dan memakai daya yang lebih rendah yaitu SSD (Solid State Drive), apa itu  Solid State Drive Simak Ulasan Berikut …

Pengertian SSD

SSD (Solid State Drive) merupakan Media Penyimpanan Data (non volatile memory) menggunakan papan memory  (integrated circuit)  sebagai memori untuk menyimpan data terus menerus. SSD tidak menggunakan komponen yang bergerak seperti Hardisk, sehingga membuat SSD Lebih Tahan lama dari pada Hardisk.  Tidak seperti perangkat penyimpanan lain seperti hard drive, SSD tidak memiliki bagian yang bergerak, yang memberikan keuntungan seperti mengakses informasi yang tersimpan lebih cepat, tidak menghasilkan suara, sering lebih dapat diandalkan, dan mengkonsumsi daya jauh lebih sedikit dibandingkan hard drive tradisional (HDD) yang ditemukan di komputer.

Sejarah

SSD Pertama kalinya diimplementasikan pada superkomputer IBM di tahun 1970-an dan 1980-an. sejak itu telah drastis diperbaiki dan menawarkan kapasitas penyimpanan 128GB dan 256GB untuk komputer rumah. Sayangnya, karena biaya yang jauh lebih besar per GB untuk menyimpan informasi drive ini belum menjadi solusi yang cocok untuk menggantikan hard drive komputer standar . Namun, merupakan solusi yang bagus untuk netbook, nettop, dan aplikasi lainnya yang tidak memerlukan beberapa ratus GB ruang. Drive ini juga populer untuk penggemar komputer yang menggunakan SSD lebih kecil untuk Dibuat di partisi windows nya saja.

Kelebihan dan Kekurangan SSD

Kelebihan:

      SSD Lebih Cepat
      SSD Lebih Hemat Daya
      SSD Berisik
      SSD Lebih Awet
      SSD tidak mempunyai bagian mekanik
      SSD Memiliki Read Write Yang berkecepaatan Tinggi

Kekurangan:

Harga SSD Mahal
Kapasitas Penyimpanan Masih Rendah

Sekian Pengertian SSD (Solid State Drive)

Add Comment