Pasang WiFi ? Jangan Sampai Lupa Hal Ini !

Ina-Tech.Net – Pasang WiFi ? Jangan Sampai Lupa Hal Ini !, Pasang WiFi ? Jangan Sampai Lupa Hal Ini !

Pasang WiFi ? Jangan Sampai Lupa Hal Ini !

Meningkatkan Keamanan Jaringan WiFi

Jaringan wireless / WiFi telah menjadi kebutuhan kehidupan berkomunikasi saat ini. Tidak hanya di tempat-tempat publik (mall, cafe, restoran) di rumah-rumah juga sudah banyak menggunakan WiFi untuk berbagi koneksi internet ke smartphone, gadget, game console, SmartTV, laptop dan juga desktop PC.

Tapi kebanyakan user tidak mengetahui bahwa jaringan WiFi lebih mudah di bobol, di curi, atau di serang. Biasanya user melewatkan beberapa hal yang harus diperhatikan jika memasang perangkat wifi, dan bisa mengakibatkan kerugian yang Anda tidak menyadarinya.

Kerugian Jika Tidak Memperhatikan Keamanan Jaringan WiFi :

  • Anda berlangganan internet dengan paket berdasarkan Quota ? dijamin tagihan Anda bisa membengkak, padahal Anda sudah tahu persis jumlah penggunaan quota yang Anda gunakan. 
  • Menurunkan kecepatan koneksi internet Anda, karena anda berbagi koneksi dengan pengguna yang Anda tidak ketahui. 
  • Keamanan Anda Terancam, karena memungkinan pengguna lain dapat mengakses data-data penting Anda melalui jaringan WiFi pribadi Anda. 

Lalu Bagaimana Anda bisa yakin bahwa tidak ada user yang diam-diam mencuri akses internet dan komputer Anda melalui koneksi WiFi / wireless ? Berikut cara melindungi dan meningkatkan keamanan jaringan WiFi / wireless pribadi Anda :

Daftar Tips Meningkatkan Keamanan Jaringan WiFi

Kunci WiFi Anda Dengan Password

Aktifkan otentikasi pengguna wifi sehingga hanya orang-orang yang memiliki password rahasia dapat terhubung ke jaringan wifi anda. Ada beberapa jenis password di

Memilih Password Yang Susah Di Tebak

Membuat password wifi yang panjang atau secara acak, jadi mereka susah menebaknya walaupun mereka dibantu aplikasi untuk membobol password wifi (brute force). Buat password yang rumit misalnya sedikitnya 12 karakter dan dicampur dengan Huruf Besar, Angka, dan karakter khusus seperti underscore (_). Sebagian besar gadget / perangkat dapat mengingat password, cukup sekali memasukan password dan smartphone atau laptop akan menyimpannya. Jadi saat akan terhubung kedua kalinya dan seterusnya, Anda tidak perlu memasukan kembali password wifi Anda.

Ganti Password WiFi Secara Berkala

Dengan mengganti password secara berkala, karena mungkin password lama sudah diketahui oleh user lain. Dapat membuat user tersebut tidak dapat terhubung kembali.

Ganti Username & Password Perangkat Router WiFi Anda

Jangan lupa saat setting WiFi Anda pertama kali selalu ganti username password standar bawaan wireless routernya, biasanya hanya username : admin password: admin. Sangat disarankan diganti dengan password pribadi Anda.

Daftarkan MAC Address Gadget Anda

Setiap perangkat elektronik khususnya komputer dan gadget memiliki MAC address yang unik (tidak akan sama secara hardware). MAC address inilah yang dapat didaftarkan (disebut MAC Filtering) pada perangkat router agar perangkat yang tak didaftarkan tidak dapat tersambung dengan wifi Anda.

Buat IP Address User WiFi Terbatas

Membatasi jumlah user / jumlah IP Address, misalnya anda hanya punya 1 komputer dan 2 smartphone. Batasi hanya 3 IP Address yang diberikan ke user wifi. Hal ini dapat di atur dalam pengaturan DHCP Server pada wireless router Anda.

Untuk setting tambahan keamanan wifi tersebut, Anda harus mengakses/login ke wireless router Anda. Kebanyakan, anda bisa ketik http://192.168.0.1, http://192.168.1.1 atau http://192.168.0.254 di browser Anda untuk konek ke router wireless. Atau anda bisa membaca manualnya, setiap perangkat wireless router melampirkannya. Misalnya contoh dalam Artikel Cara Setting WiFi Modem Speedy jika Anda menggunakan wireless router TP-Link atau jika pakai mikrotik routerboard Cara Setting WiFi Access Point Di Routerboard MikroTik.

Tapi diartikel ini saya tidak bisa menjelaskan secara detail untuk menambahkan keamanan wireless router Anda, karena setiap wireless router mempunyai tampilan dan cara yang berbeda-beda. Mungkin sedikit googling mencari manualnya untuk cara setting keamanan wifi tersebut sesuai tipe wireless router Anda.

Minimal dengan memperhatikan hal-hal tersebut anda membuat keamanan jaringan wifi anda menjadi berlapis-lapis. dan membuat Anda lebih aman dari hacker yang mencari sasaran empuk.

Punya pendapat tentang keamanan jaringan wifi ? tinggalin komen gaan…

Related Posts

Add Comment