Panduan Pemakaian Bedak Bayi yang Aman

Panduan Pemakaian Bedak Bayi yang Aman

Sebuah desas-desus mengenai bahaya bedak bayi telah beredar luas di masyarakat. Sebagian dari mereka menganggap bahwa bedak bayi tidak sepenuhnya aman untuk bayi dan bahkan dapat menyebabkan iritasi. Namun, anggapan ini tentu saja tidak sepenuhnya benar.

Pemakaian bedak pada bayi memiliki beberapa manfaat yang salah satu terpentingnya ialah mencegah biang keringat dan juga sebagai pelicin sehingga kulitnya tidak mudah terkena luka gesek. Hal pertama yang menyebabkan bedak bayi berdampak negatif pada kulit bayi adalah cara pemakaiannya yang salah. Nah, sekarang sudah saatnya ibu belajar panduan pemakaian bedak bayi yang aman seperti di bawah ini.

  1. Pakaikan Ketika Kulit Bayi Benar-benar Kering

Pemakaian bedak bayi oleh ibu kepada bayinya biasanya dilakukan setelah mandi. Nah, ibu harus memastikan bahwa kulit bayi Anda benar-benar kering terlebih dahulu sebelum memakaikan bedak dan jangan sampai memakaikan bedak saat kulit bayi berkeringat. Bagian tubuh bayi yang harus diperhatiakan adalah bagian pantat dan sela-sela lipatan. Pastikan benar-benar kering.

  1. Pakaikan Bedak di Bagian Tertentu

Pemakaian bedak bayi pada seluruh badan bukan berarti bayi akan nyaman dan kulitnya terjaga. Ada bagian-bagian tertentu yang tidak boleh terkena bedak. Jangan mengaplikasikan bedak pada alat kelamin bayi bahkan jangan sampai terkena serbuk bedak sedikitpun terutama pada bayi wanita. Hal ini dapat menyebabkan infeksi. Jika terdapat luka pada kulit bayi, hindarilah bagian itu dari bedak.

  1. Gunakan Tangan, Jangan Spons

Mengaplikasikan bedak dengan spons yang ditepuk-tepuk langsung ke badan bayi sungguh tidak efektif. Hal ini dapat mengganggu pernafasannya karena partikel halus bedak dapat masuk ke saluran pernafasan bayi. Anda disarankan meletakkan bedak bayi di teapak tangan Anda dahulu dan menggosokkannya lalu mengusapnya tipis-tipis dengan lembut ke kulit bayi. Pastikan Anda menjauh sedikit dari bayi ketika mumpahkan bedak ke tangan Anda khususnya jauhkan dari daerah muka bayi. Intinya jangan sampai partikel bedak terhirup oleh bayi Anda.

  1. Pandai Memilih Produk Bedak Bayi

Hal yang tak kalah penting selanjutnya ialah pandai memilih bedak bayi yang aman. Pastikan Anda membaca kandungannya, manfaatnya dan buktinya. Salah satu merek bedak bayi yang aman di antara banyak yang lainnya adalah Zwitsal. Perhatikan pula hal-hal kecil seperti tanggal kadaluarsa saat membeli.

Demikianlah ulasan mengenai panduan pemakaian bedak bayi yang aman. Mulai sekarang, segera perbaiki cara pemakaian bedak bayi demi kesehatan bayi Anda.

Related Posts

Add Comment