Menangani Luka dengan Cara yang Alami

Ketika kita mendapatkan sebuah luka, sebagian besar dari Anda mungkin hanya membiarkan saja luka tersebut. Padalah kebiasaan ini jelas salah. Luka yang tidak ditangani dengan benar dapat menyebabkan infeksi. Anda harus melakukan tindakan sesegera mungkin pada luka ringan agar cepat mengering dan tidak menimbulkan infeksi. Berikut ini kami akan memberikan sejumlah bahan alami yang dapat Anda gunakan sebagai penangan terhadap luka yang Anda alami.

  1. Lidah Buaya

lidah-buayaKasiat lidah buaya ternyata bukan hanya sebatas untuk menyuburkan rambut, tetapi juga bisa menjadi bahan alami pertolongan pertama pada luka. Lidah buaya ini mempunyai kandungan tersendiri yang ampuh mencegah infeksi dan mempercepat penyembuhan luka. Tenang saja, Anda tidak perlu takut perih ketika meletakkan lidah buaya ke permukaan luka karena lidah buaya ini bersifat mengurangi rasa perih.

  1. Madu

Bahan alami serbaguna yang satu ini ternyata bukan hanya membantu pengeringan luka, namun juga dapat menghilangkan bekas luka di kulit Anda. Anda bisa langsung saja mengoleskan madu pada luka dan mendiamkannya beberapa saat. Setelah itu, jangan lupa membilasnya dengan air hangat sampai bersih.

  1. Bubuk Kopi

Menaburkan bubuk kopi pada luka ini mungkin akan menimbulkan sedikit rasa perih. Namun, bubuk kopi juga sangat baik untuk mengeringkan luka. Anda dianjurkan untuk memakainya secara teratur yaitu 3 kali sehari. Usahakan pula agar luka Anda tidak terkena air.

  1. Minyak Tawon

Minyak tawon yang dikenal sebagai pengobat gatal pada kulit ternyata juga mampu mengeringkan luka. Seperti bahan alami lainnya, Anda hanya tinggal mengoleskannya pada bagian tubuh Anda yang luka. Lakukanlah secara teratur sampai luka Anda kering.

  1. Gula atau Tebu

Bahan alami yang satu ini mungkin sedikit terdengar aneh atau janggal di telinga Anda. Namun nyatanya, menaburkan air tebu atau gula pada luka secara rutin dapat membunuh kuman dan bakteri pada luka secara efektif. Setelah menaburkan air tebu atau gula ini, diamkanlah sebentar.

Demikianlah beberapa cara menangani luka secara alami. Selain tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak, bahan-bahan alami ini juga dapat dengan mudah Anda dapatkan dan berkhasiat ganda. Seperti lidah buaya contohnya, tentu tidak akan rugi jika Anda bisa memanamnya sendiri di pekarangan rumah mengingat kasiat lidah buaya yang sangat bervariasi. Anda bisa mengecek sendiri keajaiban tanaman ini di kasiat lidah buaya.

 

Related Posts

Add Comment