Hati-Hati! Cermati Cara Memandikan dan Merawat Bayi Baru Lahir yang Baik

Bayi yang baru lahir memang memerlukan perawatan khusus yang penuh kehati-hatian, termasuk dalam hal memandikan bayi. Bagi Bunda yang baru pertama mempunyai bayi, tentu pengalaman pertama begitu menegangkan. Akan tetapi, cara memandikan bayi baru lahir dan perawatan tali pusat yang benar akan membantu Anda.

Si kecil yang baru lahir akan merasa nyaman apabila terdapat perlakuan lembut dan nyaman. Saat memandikan bayi baru lahir, tentunya banyak hal yang perlu diperhatikan. Tali pusat bayi yang masih basah diusahakan mengering dan jangan terkena air secara langsung. Hati-hatilah dalam membasuhkan air dan sabun agar tidak mengenai tali pusat.

cara memandikan bayi baru lahir

Untuk membersihkan tali pusat, Anda dapat menerapkan teknik yang benar. Selama tali pusat bayi belum terlepas (umumnya 5-21 hari), mandikan si kecil dengan cara menyekanya menggunakan handuk lembut yang dicelupkan pada air hangat. Tujuannya adalah untuk menjaga agar tali pusat tetap kering dan tidak lembab.

Setelah memandikan, keringkan seluruh badan bayi secara perlahan, terlebih pada area tali pusat. Bersihkan air yang ada di sekitar tali pusat dengan bola kapas agar menjadi kering dan tidak lembab. Hal ini bertujuan agar luka pada tali pusat tidak menjadi lembab dan cepat mengering. Apabila lembab, maka justru menimbulkan iritasi dan ketidaknyamanan.

Agar tali pusat selalu dalam keadaan kering dan bersih, maka berikutnya adalah bersihkan bagian tali pusat dengan bola kapas yang sudah disterilkan dengan alkohol 70% sebagai zat antibiotik. Dengan demikian, bagian tali pusat akan bersih dan terhindar dari bakteri. Sesudah itu, bungkus tali pusat menggunakan kasa steril.

Langkah selanjutnya dalam merawat tali pusat adalah hati-hati saat memakaikan pakaian pada bayi. Usahakan agar celana bayi beserta popoknya tidak mengenai daerah tali pusat, sehingga tidak menekan dan menghindari terjadinya iritasi. Hal ini sangat penting dan harus diperhatikan agar buah hati Anda tetap nyaman setiap saat.

Perawatan daerah tali pusat bayi memang harus dilakukan dengan hati-hati. sebagai saran, bersihkan area tali pusat dengan baik secara rutin menggunakan alkohol sebagai antibiotik. Apabila memang area tali pusat agak lembab, maka gunakan baby oil untuk mencegah iritasi. Periksalah bagian tali pusat secara rutin agar selalu mengetahui keadaannya.

Membersihkan tali pusat memang harus penuh perhatian. Alangkah baiknya memang menggunakan alkohol dan baby oil.  Sebagai saran, jangan membersihkan tali pusat dengan obat merah, salep antiseptik, ataupun jenis obat lainnya, tanpa menggunakan rekomendasi dokter. Obat-obat tersebut mengandung zat yang tergolong rentan bagi kulit bayi.

Apabila perawatan tali pusat tidak dilakukan dengan baik, maka lebih memungkinkan terjadi ititasi. Jika hal tersebut terjadi, maka kenyamanan bayi akan terganggu akibat iritasi yang ditimbulkan. Anda juga harus memandikan bayi dengan baik dan benar. Cara memandikan bayi baru lahir dan perawatan tali pusat yang tepat bisa jadi petunjuknya.

Related Posts

Add Comment