Cara Mengatasi SD Card Android yang Eror Tidak Terbaca

Ina-Tech.Net – Cara Mengatasi SD Card Android yang Eror Tidak Terbaca, Cara Mengatasi SD Card Android yang Eror Tidak Terbaca

Cara Mengatasi SD Card Android yang Eror Tidak Terbaca

Cara Mengatasi SD Card yang Eror Tidak Terbaca – Pada postingan artikel kali ini alhamdullillah Drio AC, Dokter Android kembali lagi memberikan postingan postingan terbarunya, kali ini kita akan membahas Cara Mengatasi SD Card yang tidak terbaca, postingan ini adalah jawaban dari beberapa sobat Androiders yang sudah bertanya di blog ini, terima kasih atas pertanyaannya.
Cara mengatasi SD Card tidak terbaca - Drio AC, Dokter Android
Cara mengatasi SD Card tidak terbaca

Memory penyimpanan adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan khususnya para pengguna Android, tanpa adanya ruang penyimpanan itu ibarat taman tak berbunga, hai begitulah kata para pujangga, haha. Akan tetepi dalam kehidupan pastinya segala sesuatu tidak luput dari yang namanya musibah, bencana atau hal hal yang tidak diinginkan seperti tidak terbaca, lalu bagaimanakah solusinya?

Penyebab SD Card Android Eror Tidak Terbaca
Sd Card Android yang eror tidak semata mata muncul begitu saja, semua itu terjadi karena ada sesuatu yang secara tidak sengaja ataupun tidak sengaja terjadi, beberapa diantaranya muncul tanpa penyebab yang jelas. Ada beberapa faktor dan penyebab yang menjadi SD Card Android tidak terbaca, diatantaranya:

1. Virus
Tidak mengeherankan lagi, virus saat ini sangat beragam bentuk, jenis dan cara penyerangannya, beberapa diantaranya mengganggu dalam pembacaan SD Card, pastikan Android sobat bersih dari virus, salah satu cara untuk mengetahui apakah Android sobat terdapat virus atau malware sobat bisa cek  menggunakan aplikasi, seperti 360 security.

2. Lempengan Bermasalah
Kejadian ini terjadi di beberapa kalangan, jadi pastikan lempengan memory eksternal sobat, bersih atau tidak rusak, jika memang kotor, saya sudah memberikan solusinya dibawah.

3. Rusak

Yang ini mungkin sudah tidak perlu dijelaskan lagi, karena kalau memang sudah rusak, nampaknya uang yang akan berbicara, jadi pastikan setelah sobat menyelesaikan masalah SD Card Android sobat yang tidak terbaca melalui postingan ini semua tidak bisa, itu berarti penyebabnya karena kerusakan itu sendiri.
Solusi Mengatasi SD Card Android yang Tidak Terbaca

A. Bersihkan SD Card

1. Lepas dan cabut SD Card dari Android sobat
2. Gosok lempengan SD Card menggunakan penghapus, disarankan penghapusnya masih baru
3. Setelah bersih pasangkan lagi

B. Menggunakan Format
Bahan bahan:
1. PC
2. Card Reader
Tutorial:
1. Back Up dulu data sobat di PC
2. Lepas SD Card dari Android sobat, dan masukan ke card reader
3. Lakukan quick format di PC

C. Repair (Pembetulan)

Metode ini digunakan apabila mungkin Android sobat terdapat beberapa eror sehingga harus dilakukan repair langkah ini hampir sama seperti format, jadi pastikan sobat memback up terlebih dahulu data sobat.

1. Masuk ke Menu Options
2. Pilih Storage
3. Erase SD Card
D. Mengecek Eror
1. Hubungkan Android sobat dengan menggunakan Kabel Data/ Card Reader dengan mode mass storage
2. Cari driver sobat, lalu klik kanan, kemudian pilih properties, lalu pilih tools dan pilih eror checking

Cara mengatasi SD Card tidak terbaca 2 - Drio AC, Dokter Android
3. Centang semua pilihan

Jika cara cara diatas sudah sobat lakukan akan tetapi tidak terselesaikan, indikasi yang berikutnya adalah kerusakan pada memory SD Card eksternal sobat, kerusakan ini bisa terjadi karena beberapa faktor diantaranya adalah karena lempengan terkena air atau tergesek sesuatu yang sehingga merusak perfoma lempengan itu sendiri, jadi siapkan beberapa uang untuk membeli yang baru.

Mungkin cukup sekian postingan dari Drio AC, Dokter Android, semoga dapat menjadi solusi terbaik bagi sobat yang mengalaminya, apabila ada pertanyaan atau masukan lainnya, harap berkomentarlah dengan baik dibawah, jangan lupa untuk tetap terus mendapatkan update seputar Android di blog ini, dengan follow blog ini disini. Sekian sampai jumpa dipostingan berikutnya.

Related Posts

Add Comment