5 Makanan Berserat Tinggi untuk Ibu Menyusui

5-Makanan-Ibu-Menyusui-Agar-Bayi-Cerdas-dan-Memaksimalkan-Perkembangan-Otak-Bayi

Salah satu momen istimewa bagi seorang perempuan tentu saja ketika sang buah hati lahir ke dunia. Begitu bayi lahir, ia pun resmi jadi seorang ibu. Seorang ibu muda yang baik wajib mempelajari makanan apa saja yang bagus dalam proses menyusui. Para ahli menyarankan untuk fokus mengonsumsi makanan berserat tinggi soalnya kaya akan nutrisi. Apa saja 5 makanan berserat tinggi untuk ibu menyusui? Ini dia.

  1. Keju yang Disterilisasi

Keju dipercaya mengandung kalsium yang tinggi. Kandungan inilah yang bagus untuk pertumbuhan tulang sang buah hati. Sebab, apa pun yang dikonsumsi seorang ibu, dampaknya juga akan berpengaruh pada anak yang disusui. Dengan mengonsumsi keju setiap hari, berarti Anda sudah memberikan asuransi kesehatan dalam hal pertulangan pada anak Anda.

  1. Daging Sapi

Kandungan zat besi pada daging sapi bisa bikin ASI lebih berkualitas. Ini amat penting dan darurat ketika seorang ibu mengalami krisis ASI. Misalnya dalam keadaan tertentu air susu yang keluar jadi minim dan tidak maksimal. Dengan mengonsumsi daging sapi, sang bayi akan mendapatkan gizi yang sama besarnya dengan jumlah ASI yang banyak.

  1. Beras Merah

Ketika seorang ibu tengah menyusui biasanya berat badannya melonjak tajam. Beberapa ahli kesehatan menyarankan untuk mengganti beras putih dengan beras merah. Kenapa? Karena beras merah jauh lebih rendah glukosa daripada beras putih. Makanan yang mengandung glukosa tinggi memang bisa bikin potensi kegemukan setelah melahirkan tak terhindarkan lagi.

  1. Sereal

Makanan berserat tinggi lainnya ada pada sereal. Dengan mengonsumsi sereal setiap hari, seorang ibu menyusui tidak perlu menghawatirkan soal potensi kegemukan. Soalnya, sereal pada umumnya dibuat dari beragam sari sayuran maupun bahan makanan pokok lainnya. Selain lebih mudah dilahap, sereal sekarang juga sudah banyak yang dikemas dalam bentuk yang simpel.

  1. Kacang Panjang

Kacang panjang memiliki kandungan yang penting untuk bayi dan juga sang ibundanya. Salah satu nutrisi yang terkandung di dalamnya adalah vitamin K. Vitamin inilah yang bisa bikin luka mudah sembuh seperti sedia kala. Jadi, ketika suatu hal tak diinginkan terjadi seperti kena sayat atau apa, proses penyembuhannya jadi lebih cepat. Bermanfaat sekali, kan?

Itulah 5 makanan berserat tinggi untuk ibu menyusui. Banyak hal yang harus diperhatikan ketika momen itu berlangsung. Pasalnya, proses menyusui paling bagus itu sekitar 2 tahun. Jadi, dalam 2 tahun Anda perlu memaksimalkan agar nantinya sang buah hati tumbuh jadi pribadi cerdas, energik, kreatif, dan tidak mudah sakit. Ketika Anda sudah jadi ibu terbaik untuknya, maka ia pun akan jadi yang terbaik untuk Anda.

Related Posts

Add Comment