3 Langkah Membuat Blog Baru

Ina-Tech.Net – 3 Langkah Membuat Blog Baru, 3 Langkah Membuat Blog Baru

3 Langkah Membuat Blog Baru
Saat kita merencanakan membuat blog baru. Dalam pikiran kita, Apa aja sih yang harus dilakukan saat kita memulai blog baru ? target kita ingin membangun konten blog yang berkualitas, dari sisi penampilan, membuat konten yang berkualitas, dan pastinya blog yang SEO Friendly. Nah di kesempatan ini saya akan coba menjelaskan apa saja sih langkah pertama kali di lakukan untuk membuat blog baru.

Berikut langkah-langkah membuat blog yang berkualitas, dari sisi penampilan, konten yang berkualitas, dan pastinya blog yang SEO Friendly.

1. Membuat Blog Terlihat Menarik

Disini kita akan fokus pada penampilan blog, emang buat apaan gan? Ya biar pengunjung blog betah dan nyaman membaca kontent yang kita sudah buat sehingga ingin berlama – lama di blog anda. Seorang pengunjung saat pertama kali datang berkunjung, hal pertama yang pasti dilihat adalah tampilan blog anda.

Memilih template yang baik

Ini adalah langkah awal saat anda mempertimbangkan bagaimana blog anda agar menarik dan user friendly. Disini anda dituntut kreatifitas dalam memilih template, anda harus menentukan bentuk dan warna apa yang menurut anda akan membuat nyaman pengunjung blog anda. Navigasi dalam template juga harus dibuat mudah agar pengunjung blog dapat dengan mudah menemukan konten yang mereka cari. Banyak situs yang menyediakan download gratis template blogger yang bisa anda pilih. Ataupun jika punya modal anda bisa download template blogger premium berbayar yang lebih menarik.

Loading Halaman Blog Yang Cepat

Perhatikan juga loading halaman blog anda, buatlah secepat mungkin dengan jangan menempatkan terlalu banyak script ataupun iframe yang berlebihan.  Disini kita menghindari pengunjung blog yang menunggu sampai tidak sabar dan langsung klik “Back” sebelum konten blog kita muncul. Dalam penentuan ranking, Google juga memperhitungkan lama loading halaman blog anda (page loading speed).

2. Membuat Konten Blog Yang Berkualitas

“Content is KING” katanye google. Karena biasanya target saya adalah pengunjung blog, bukan robot gedeknya si google. Dari sini ada beberapa poin yang membuat konten / tulisan blog kita berkualitas di mata google dan di mata manusia tentunya.

  • Cari topik konten yang akan anda buat.
  • Jangan copy paste mentah2 blog orang lain, cari bahan tulisan anda di google sesuai topik. Dibaca baik-baik sampai mengerti yang dimaksud sang penulis dan jadikan bahan tulisan blog anda.
  • Buat judul postingan yang unik, singkat dan deskriptif.
  • Buat konten blog yang unik dan informatif, mudah dibaca. Tambahkan juga gambar untuk membuat konten anda lebih menarik secara visual.
  • Pikirkan kata-kata yang akan diketik pengunjung untuk mencari halaman blog Anda, dan pastikan bahwa blog Anda terdapat kata-kata itu.
  • Original, Sebaik apapun penyajian, tidak menjadikan konten berkualitas bila bukan artikel yang original. Konten berkualitas yang kita buat berdasarkan pemikiran yang kita lakukan, lebih kita pahami dan sesuai dengan pengetahuan yang kita miliki.
  • Buat konten yang membuat pengunjung blog datang kembali, minimal di bookmark lah.

3. Optimasi SEO Onpage di Blog

Nah dibagian ini yang paling seru, karena kita ngincer trafik dari search engine ataw mbah google. Disini kita berjuang untuk optimasi SEO onpage blog kita agar terlihat menarik oleh mbah google. Tapi saya ga panjang lebar ngebahasnya disini, garis besarnya saja.

Apa itu SEO :

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization, yang berarti melakukan optimasi blog agar ditampilkan pada halaman utama / rangking atas jika seseorang melakukan pencarian berdasarkan keyword atau kata kunci tertentu pada  mesin pencari (search engine misal Google). Kata kunci adalah kata atau kalimat yang digunakan seseorang untuk mencari sesuatu di Internet, contoh : blackberry, jual baju,dll. Orang yang mengetikkan kata kunci tersebut sebenarnya adalah konsumen yang kita inginkan untuk mengunjungi blog kita. Berikut langkah-langkah meningkatkan SEO onpage blog anda :

  • Target Keyword di Tag Judul Halaman, kedua paling penting dari bagian konten itu sendiri.
  • Target Keyword di Tag Deskripsi, hal penting lain dalam relevansi konten.
  • Optimasi halaman dengan header H1, H2 dan H3, Membuat Heading title H1 H2 di Blog  adalah salah satu point terpenting dalam SEO Onpage.
  • Penggunaan Breadcrumb dan Google+ Authorship, terbukti dengan optimasi blog dengan breadcrumb dan google+ authorship dapat meningkat jumlah klik (CTR) saat muncul di halaman pencarian google.

Demikian ulasan saya perihal 3 Langkah Membuat Blog Baru, dengan tujuan membuat konten blog yang berkualitas, dari sisi penampilan, membuat konten yang berkualitas, sampai membuat blog yang SEO Friendly

Add Comment